15 Februari 2010

Pengertian dan Ruang Lingkup ISD & IBD

IBD (Ilmu budaya dasar) adalah sebuah cabang ilmu yang membahas dengan ruang lingkup suatu budaya yang ada di berbagai belahan dunia. sedangkan ISD (Ilmu sosial dasar) adalah sebuah cabag ilmu yang berada pada ruang ingkup sosial.

Ketika kita membahas kedua permasalahan dari kedua cabang ilmu tersebut, maka kita akan dihadapkan pada suatu integrasi yang saling berkesinambungan satu sama lain. Sebagai contoh misalnya kita membahas sebuah acara yanga mengarah pada budaya yaitu NGABEN. Jika kita lihat dalam peristiwa ngaben adalah sebuah adat yang sudah lama dilakukan yang merupakan sebuah budaya. Akan tetapi bila kita melihat dari sisi lain, maka kita juga merasakan akan peristiwa sosial yang sarat akan nilai budaya. Jadi menurut paradigma saya IBD dan ISD adalah suatu kesatuan yang saling terhubung satu sama lain.

Pada dasarnya antara IBD dan ISD mempunyai ruang lingkup masing-masing karena memang pokok pembahasan yang diambil dalam ilmu tersebut bebeda-beda.

1.Ruang lingkup IBD
Secara pengertian yang terkandung dalam IBD adalah sebuah pembahasan yang mengambil sebuah latar belakang dari budaya lokal maupun mancanegara pada umumnya.
2.Ruang lingkup ISD
Secara makna yang terkandung dalam pengertian ISD maka sudah jelas bahwa ruang kingkup yang ada dalam ilmu ini selalu mengarah pada kehidupan sosial yang ada di lingkungan bebeda.
Ada beberapa Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan dalam IBD dan ISD adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan

0 komentar:

Poskan Komentar