21 November 2009

Realitas Sosial

Realitas sosial merupakan suatu peristiwa yang memang benar terjadi di tengah – tengah masyarakat. Sebagai contoh : Seorang pemulung yang mencari nafkah dengan mengorek sampah, pengemis di jalanan, WTS yang mencari nafkah demi untuk melanjutkan hidup. Itu semua adalah sebagian kecil hal yang terjadi di tengah masyarakat dewasa ini.

Pada hakekatnya, manusia diciptakan Tuhan saling berpasang-pasangan dalam hal ini menunjukan bahwa Manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Bangsa inipun sangat menjunjung tinggi makna kebersamaan/gotong royong dalam bermasayarakat. Akan tetapi seiring berkembangnya peradaban kehidupan, Manusia sudah lagi tidak memperduliakan lingkungan sekitarnya. Keegoisan telah merasuk dalam diri masyarkat dewasa ini. Hal ini mungkin terjadi karena faktor ekonomi yang terjadi di Negara ini dan juga struktur sosial yang kacau. Karena Struktur sosial yang gagal akan menyebabkan terjadinya konflik dalam negara. Maka dari itu perlu adanya pembekalan ilmu agama dan sosial agar dapat menanggulangi struktur yang gagal tadi.

Karean bila kita perhatikan dan ditelaah ketika seseorang telah banyak belajar dan memperoleh ilmu serta wawasan yang luas, maka ilmu itu sendiri yang akan merubah suatu pola tingkah laku seseorang itu. Sebagai contoh ketika saya dalam perjalanan dan ternyata saya kehabisan bahan bakar, saya tidak menyangka kalau ada seseorang yang menawarkan bantuannya pada saya agar menggunakan bahan bakar milik motornya, Kesadaran sosila seperti inilah yang sekarang sangat jarang ditemukan di tengah masyarakat kita ini.

Seperti halnya dalam ajaran agama bahwa kita disuruh untuk saling menolong dalam kebaikan, maka realitas sosial keberagamaan juga sangat mendominasi roda kehidupan masyarakat berbangsa. Dalam ajaran agama kita diajarkan untuk saling bertoleransi antar sesama. Ketika seseorang telah memahami benar ajaran agama , maka dia juga seharusnya telah memahami akan kodratnya sebagai manusia sosial.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

buat tugas, ane copas yaa :D disertai link kok :D thnks

Admin mengatakan...

silahkan kawan....
semua artikel di blog saya ini CopyLeft (opensource).

hahhaha

Unknown mengatakan...

Saya copy beberapa tulisan anda, terima kasih

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
anita nurwulandari mengatakan...

saya ikut copy tulisannya , akan saya cantumkan link nya, terimakasih banyak:)

Posting Komentar