14 November 2009

Etika Dalam Menulis Artikel di Internet

Dalam dunia jejaringan internet, memang sudah tidak asing lagi yang namanya blogger/orang yang menulis artikel dalam blog tersebut. Dewasa ini Blog's tidak lagi hanya untuk menuliskan cerita-cerita pribadi, akan tetapi menjadi ajang untuk menulis artikel-artikel yang bermanfa'at untuk orang lain.Blog's sangat bermanfa'at bagi kita untuk mengekspresikan diri kita sendiri terutama dengan artikel yang kita tuis.
Dalam dunia internet, Blog's itu bisa menjadi ajang berbagi content,link,pengalaman,pekerjaan,tutorial bagi para mahsiswa juga menambah wawasan .Iternet bukanlah sesutu yang selalu berimage negatif, akan tetapi bila kita yang memanfa'atkan internet bijak, maka bisa jadi internet itu menghasilkan uang.
Jika diatara kita semua hanya menggunakan internet untuk sekedar Facebook'an,YM atau yang lainya itu sangat rugi.Alangkah lebih baiknya bila kita bisa menulis artikel yang bisa berguna bagi orang lain yang membutuhkanya.Banyak artikel-artikel yang ada dalam dunia maya ini sangat tidak relevan dengan asal-usul bangsa kita yang menjunjung tinggi nilai/norma kesopanan,artinya masih banyak orang menulis artikel tapi tanpa memperhatikan etika-etika yang ada.Oleh sebab itu saya sengaja mebuat tulisan yang membahas etiak artikel.

Dalam penulisan artikel juga tentu memiliki aturan dan etika yang berkaitan yaitu :
  1. Artikel harus menarik, artinya bahwa artikel yang kita tulis ringan topiknya tapi mengena pada sasaran.
  2. Tidak dibenarkan untuk copas, akan tetapi bila sudah terlanjur dilakukan maka cantumkanlah sumber info tersebut.
  3. Bahasa yang sopan, dalam hal ini artinya bahwa sesuaikan bahasa yang digunakan dengan topik yang diangkat.
  4. Tidak menghina,sengaja mengekspos privasi orang lain serta mengancam hak pribadi orang lain melalui artikel yang kita tulis.
  5. Jangan sekali-kali menulis artikel tentang pornografi yang akan membuat pembaca menjadi terpicu untuk melakukan apa yang dia baca.
  6. Ikutilah aturan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).
  7. Tidak mengandung unsur SARA
  8. Seharusnya artikel yang kita tulis tidak membohongi pembaca, walaupun itu semua adalah kebebasan penulis untuk berpendapat.
OK teman, mungkin itu yang bisa saya sampaikan agar nantinya jika teman-teman menulis artikel tidak asal dalam hal etika.

0 komentar:

Posting Komentar