25 Oktober 2010

To be Grand Netters with Healthy Internet


hmmm...
Apa ya kira-kira arti dan maksud dari judul di atas?
"Menjadi Netters Hebat dengan Internet Sehat" nah baegitulah kira-kira artinya.

Nah itulah pokok masalah yang akan coba saya bahas dalam postingan kali ini.
Mungkin sudah tak asing lagi kata internet atau istilah kerennya adalah "dunia maya" di telinga kita,akan tetapi kita jarang mengerti untuk kemajuan diri pribadi kita.Banyak hal yang dapat kita peroleh dari internet,misalnya informasi-informasi uptodate dari dunia yang sedang ramai di perbincangkan.Jika kita mencoba menelaah lebih jauh sepertinya pribahasa lama yang mengatakan "Buku adalah jendela dunia" kini diganti dengan "Internet adalah jendela dunia".(sok tau saya. hihihihi).

Menjadi apa pun kita di internet bisa.Karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan di "dunia" yang satu ini.Misalnya browsing,kongkow-kongkow di jejaring sosial untuk sekedar update status atau bahkan hanya chating,belajar,nge-blog dll.Nah,sudah jelaskan bagaimana manfaat internet dalam kehidupan kita."Lalu apa yang di maksud dengan internet sehat?" hmmm...
Internet sehat itu konotasinya bukanlah sehat jasmani ketika kita berinternet,akan tetapi kita sebagai netters mampu memilah-milah informasi apa saja yang baik di konsumsi oleh otak kita.Sebagai contoh: Saya yang notabene nya adalah seorang Mahasiswa akan bisa seratus kali lipat lebih maju di bandingkan dosen karena memanfaatkan teknologi internet sebagai media belajar,dengan adanya internet ini saya bisa mempelajari materi perkuliahan lebih luas dan mengeksplorenya jauh lebih dalam.Nah contoh lain adalah forum jual beli,di mana di dalamnya kita bisa berbelanja bahkan mengembangkan bussiness secara online."Apa keuntungan berbussiness secara online?" di lihat dari segi pemasaran,sangat luas jaringan pasar online dan juga lebih efisien dalam memperkenalkan produk kita.

Kita mungkin sering membaca artikel di sebuah situs atau blog yang menceritakan bagaimana kesuksesan yang di raih seseorang melalui internet.Nah banyak dari kita memanfaatkan dunia maya ini akan tetapi jarang sekali memperhatikan baik buruknya atau sehat tidaknya dalam berselancar di dunia maya ini."Apa saja hal positif dari berinternet sehat?".Oke,banyak hal yang positif dengan kita melakukan internet sehat misalnya :


1. Menambah wawasan
2. Menambah pengalaman dan ilmu
3. Menambah teman
4. Lebih kritis
5. Membangun image baik
6. ke eksitan di dunia maya
7. Media belajar alternatif
8. Mampu bersosialisasi dengan baik
9. Belajar menulis dalam blog
10. dll.


Nah itu sebagian kecil contoh ketika kita mampu menerapkan internet sehat dalam kehidupan kita."Lalu adakah sisi negatif dari internet? Hmmm...sisi negatif ya.Internet,khususnya di negara Indonesia kita ini sudah menjangkit hampir ke seluruh penjuru nusantara,bahkan pengguna kini bukan hanya dari kalangan remaja sampai tua,tapi anak-anak kecil pun sudah mengerti internet.Nah inilah masalah yang sebenarnya berbahaya.Karena ketika seorang anak kecil dalam berinternet tidak di dampingi oleh orangtuanya,maka akibatnya akan fatal baik dari segi mental dan moral.Jadi intinya saya katakan banyak sisi negatif dari internet misalnya :


1. Melakukan penipuan
2. Cracking
3. Cardding
4. Pencurian
5. Menonton yang tidak baik(contohnya taulah...)
6. Kecanduan game online(sering bolos sekolah.hihihi)
7. Memanfaatkan internet hanya untuk chating
8. dll (masih banyak deh pokoknya.hihihihi)


Nah dari contoh-contoh di atas seharusnya kita mampu untuk memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk.Karena kesemuanya itu akan ada efeksampingnya di kehidupan kita mendatang.(kaya obat ada efeksamping.hhihihihi).
Akan tetapi pada akhirnya semua itu jatuh pada diri pribadi masing-masing.

pesan saya,

JADILAH HEBAT DENGAN KEBERADAAN INTERNET DAN MENGABDILAH KEPADA SANG PENCIPTA,DIRI PRIBADI, DAN PADA ORANG LAIN KARENA ITU SEBAIK-BAIK PENGABDIAN

23 komentar:

I-A-N mengatakan...

wah...!!! saya setuju dengan pendapat sobat nih...!!!! manfaatnya memang banyak.. tapi ada juga yg salah menggunakan...!!! itu yang membuat jadi g' bener..!!!

sibutiz mengatakan...

pertamaxxx sob,
perkenalan dari saya....
hppy blogging....

sibutiz mengatakan...

yach,keduluan,gara2 koneksi lemot internet q,,,
hikkkzzzzzz....
mf ya sob,saya bkan pertamaxxxx....

kisah abu nawas mengatakan...

internet sehat dambaan semua bangsa

L_F_H mengatakan...

Ngeblog:). Keep writing brother:)

kamal mengatakan...

Setuju banget sob...hal ini tergantung pada individunya masing2...kep blooging bro biar wawasan anak indonesia tambah luas...

Movie Downloadzz mengatakan...

tetap ngeblog sob biar tambah pengetahuan baru..
dan saya dukung internet sehat ..
semoga sukses lombanya sob :D

MULTIMEDIA SMKN 4 SEMARANG mengatakan...

bener tu sob... seharusnya kita menjadi lebih baik dengan adanya internet... bukan malah menjadi buruk.... itulah yang menjadi problematika yang sering terjadi sekarang ini... internet malah disalahgunakan.... sukses sob...

Andi winarno ( admin ) mengatakan...

# I-A-N : ia memang dgn internet seharusnya kita dapat memiliki sesuatu yang lbih baik

# sibutiz : gpp gan yang penting page one ...
haahahaha
kaskuser ya...

# kisah abunawas : yup bener banget tuh...

# L_F_H : yups.. keep blogging :)
thanks for comment..

# kamal : ya semoga blog menjadi alternatif bagi wawasan anak bangsa .. :)

# Movie downloadz : yoomari... go internet sehat...
amiinn ...
hahhaha :)

# MULTIMEDIA SMKN 4 SEMARANG : YUP dengan adanya internet harusnya mnjadi lebih baik ...
sukses juga sob...

# @All : thanks for your comment .... :) :D

Ricky mengatakan...

setuju dengan pendapat anda di atas.. berinternet bergantung pada niat seseorang yang memakainya.. saya sangat mendukung berinternet sehat, karena dengan berinternet sehat berarti kita menjadi penerus bangsa yang berpikir positif dan menjadi penerus bangsa yang baik. tetap semangat ya untuk menulis di blog biar menambah wawasan.. happy blogging :)

Andi winarno ( admin ) mengatakan...

# Ricky : yup bener banget tuh pendapat anda...
happy blogging .. :D

Alex FMIK Siregar mengatakan...

Benar sekali :), sejak dini seorang anak kecil haruslah di dampingi dan dibina oleh orangtuanya dalam pemanfaatan internet untuk tujuan yang baik dan positif. Nice posting :). Kunjungi juga http://exlanet.blogspot.com/2010/10/internet-sehat-bikin-hebat.html , terima kasih.

Salam Blogger

Andi winarno ( admin ) mengatakan...

# Alex FMIX siregar : yups...bener tuh..
kunjungan balik ke blog sahabt..

salam blogger juga..

Wahyudhi Indra Adimarza mengatakan...

gw nyukain salah satu sisi negativenya nih T_T..
Kecanduan Game Online..
itu salah satu hobby gw didunia internet..
hehehehe ..

Andi Winarno mengatakan...

# Wahyudi indra : wah...gpp sob kecanduan game online. asalkan gak ganggu aktivitas lo sebaagai mahasiswa..

salam blogger indonesia...
happy blogging..

Web Hidup Mulia mengatakan...

Benar To be Grand Netters with Healthy Internet.
Baca juga tulisan saya Internet sehat bikin hebat : Merupakan anomali step by step, menimbulkan ketakjuban masyarakat dunia, menggoncangkan, dan proses inovasi nyaris sempurna.
Salam kenal.

Andi winarno ( admin ) mengatakan...

# Web Hidup Mulia : salam kenal juga gan..

assyafieq mengatakan...

ibarat gelas tergantung isinya...klo diisi dg susu tentu menyehatkan tp sebaliknya klo diisi racun...? wah bahaya...sob...

Andi winarno ( admin ) mengatakan...

# assyafieq : bener tuh sob ...
kita harus mengisi gelas itu dengan susu ...
agar hasilnya pun baik pula..

Noubi noku mengatakan...

nice post brow jangan lupa follow balik yach

Andi winarno ( admin ) mengatakan...

# Noubi noku : makasih sob ... :)

Hitech mengatakan...

Too much things are able to do..being friendship with blogsphere...Nice share

H'rick mengatakan...

melakukan hal2 positif/negatif dengan internet adalah pilihan, tergantung bagaimana hati nurani kita. salam kenal

Posting Komentar