30 Mei 2010

Indonesia, Tiga Besar Rentan Bencana

Bangladesh, Indonesia, dan Iran adalah tiga negara yang tergolong paling rentan terhadap bencana alam. Pernyataan ini adalah kesimpulan sebuah penelitian yang diumumumkan Kamis ini. Duo raksasa Asia, China dan India, ikut berada dalam daftar 15 negara dari 229 yang termasuk berisiko ‘ekstrim’.

Indeks Bencana Alam (Natural Disasters Risk Index/DRI) disusun oleh sebuah firma konsultan risiko asal Inggris, Maplecroft, berdasarkan bencana-bencana alam yang terjadi sejak 1980 sampai 2010.
Indikatornya ada beberapa macam, termasuk frekuensi kejadian, total korban kematian, serta perbandingannya dengan populasi sebuah negara. Dalam daftar ini, bencana alam adalah gempa bumi, letusan gunung api, tsunami, badai, banjir, kekeringan, longsor, gelombang panas, dan epidemi.

“Kemiskinan menjadi faktor penting di negara-negara yang frekuensi dan dampak bencana alamnya parah,” kata analis lingkungan Maplecroft, Anna Moss. “Infrastruktur yang buruk, ditambah kepadatan penduduk di daerah berisiko tinggi seperti dataran rendah, pinggiran sungai, tebing tinggi, terus menambah kemungkinan jumlah korban.”

Dalam penelitian NDRI itu, korban tewas dari Bangladesh mencapai 191 ribu orang dari bencana alam sepanjang 30 tahun terakhir. Indonesia juga memiliki angka korban yang hampir sama, sebagian besar akibat tsunami Desember 2004. Sementara di Iran, kerentanan terbesar terhadap bencana adalah gempa bumi, yang sudah menyebabkan tewasnya 74 ribu nyawa.(AFP).


SUMBER :YAHOO INDONESIA

3 komentar:

Arez_Reza mengatakan...

Emang nasib negeri ini lagi diuji bro....

Semoga kita tabah dan tawakal.....

Cuirast dah sembuh

Mampir n komen balik ya

Bedu mengatakan...

Beberapa bencana alam bisa kita cegah seperti banjir. Bencana ini kebanyakan terjadi karena ulah kita sendiri yang kebiasaan membuang sampai ke sungai sehingga sungai menjadi dangkal dan saat hujan besar turun, sungai tidak mampu menampung air dan sampah tsb, maka terjadilah banjir.

Imas mengatakan...

Seharusnya kita mempersiapkan diri untuk mencegah dan menanggulangi bencana yang sering terjadi di tanah air, seperti : Menanam pohon, tidak membuang sampah ke sungai, ialah salah-satu bentuk pencegahan banjir.

Posting Komentar