21 Mei 2012

Networking #1 [Intro]

Networking yang saya maksud di sini adalah jaringan komputer. Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan aturan tertentu. Dalam jaringan komputer, baik peer To peer maupun Client-Server, semuanya dapat saling berbagi sumber daya. Sumber daya di sini bisa dalam bentuk data atau file bahkan sharing printer.
Sebelum kita tau lebih jauh membahas mengenai jaringan komputer, ada baiknya kita coba mengenal jangkauan dari sebuah jaringan komputer. Dalam jaringan komputer ada tiga istilah yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network) yang masing-masing memiliki jangakauan berbeda-beda. Berikut penjelasannya :

LAN : merupakan jaringan lokal dari sebuah kantor, kampus, dll. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dengan workstation dalam kantor atau perusahaan yang memakai bersama sumber daya.

MAN : merupakan versi LAN dalam ukuran yang lebih luas. Biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam satu kota namun berbeda wilayah bahkan berbeda kota. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan berhubungan dengan jaringan televisi kabel dan signal.

WAN : merupakan jaringan yang memiliki jangakauan sangat luas karena sudah lintas negara bahkan dapat menghubungkan komputer lintas benua.

Gambar Jangkauan Jaringan

Sebenarnya selain tiga jenis jaringan di atas masih ada lagi jenis jaringan yang lain seperti INTERNER dan Jaringa tanpa kabel (Nirkabel).

Nah sekian dulu ya pembahasan mengenai Networking #1 .
Nanti dilanjut lagi dengan pembahsan yang lain. OK ... ^_^

Salam Blogger Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar