25 September 2011

Pengalaman Membangun Sistem

Pertama kali belajar programing saya sempat bingung, karena tidak tahu apa tujuan dari saya belajar itu. Seiring berjalanya waktu akhirnya saya pun mengerti untuk apa saya mempelajari bidang programing. Belajar,belajar dan belajar itu yang saya lakukan untuk mengasah skill programing saya, ya salah satunya mencoba untuk membangun sistem.

Membangun sistem ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, karena banyak hal yang harus difikirkan dengan baik dan cermat. Pengalaman saya dalam hal membangun sistem adalah membuat "Aplikasi data base kependudukan RT". Aplikasi yang saya bangun menggunakan bahasa borland delphi 7 karena memang saya lebih suka dengan bahasa pemrograman tersebut.


Aplikasi yang saya buat ini berisi tentang data-data kependudukan pada tingkat RT, banyak kendala yang saya hadapi ketika membangun aplikasi ini. Diantaranya adalah pemilihan program data base, data penduduk yang belum jelas domisilinya, jumlah penduduk termasuk anak-anak. Tapi akhirnya saya batasi masalah kependudukan tersebut dengan mencantumkan data-data yang menurut RT setempat penting saja. Awalnya saya hanya iseng untuk membuat aplikasi tersebut, tapi lama-lama saya tertarik untuk mengembangkanya lebih jauh dan akhirnya jadilah sebuah sistem data kependudukan tersebut.

Itulah sebuah pengalaman, guru yang terbaik untuk belajar. Berawal dari situlah saya mulai mencoba membuat aplikasi-aplikasi lain seperti "Aplikasi absensi dengan foto". Tidak berhenti disitu saja, kini saya mulai belajar membuat website. Sebenarnya untuk membuat website saya sudah mengerti sejak SMA dengan bahasa HTML. Bermula dari pengalaman membuat blog kini saya tidak terlalu sulit untuk memahami bahasa-bahasa pemrograman untuk website.

Itulah segelumit pengalaman saya dalam membangun sebuah sistem, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar