07 Mei 2010

Pandangan Hidup Manusia

AKU DAN PANDANGAN HIDUPKU



Manusia memang unik, karena manusia selalu mempunyai cara pandang yang berbeda satu sama lain. Dalam dunia ini mungkin memang disengaja diciptakan perbedaan agar kita dapat belajar. Pandangan hidup terkadang membuat kita selalu berpacu untuk melaksanakan apa yang kita anggap menjadi suatu kebenaran dalam pandangan hidup ini.
Aku dan pandangan hidupku yang selalu ku renungkan. Dalam hidup terkadang kita tidak hanya memiliki satu pandangan hidup, biasanya kita memiliki pandangan yang berbeda dalam kondisi tertentu. Sebagai contoh adalah pandangan hidupku . jika dalam hal bersaing untuk kebaikan saya memiliki pandangan sendiri yaitu “Mengintai dari belakang lebih baik dari pada terburu-buru mencapai finish tapi tapi prosesnya tidak optimal”. Akan tatapi tak jarang pandangan hidup kita berubah sesuai kondisi yang kita alami.
Jika kita berbicara secara global, maka akupun memandang hidup ini hanya tempat sekedar berjuang untuk hari yang akan datang yaitu hari yang sudah pasti kedatanganya itu (anda sudah tau dong, arti dari hari yang sudah pasti kedatanganya itu apa..???). manusia memang terkadang terlalu picik memahami dan memandang hidup ini, padahal seharusnya kita memandang hidup ini dengan penuh kesadaran dan keikhlasan untuk menapakan kaki kita dalam kehidupan. Pada dasarnya pandangan hidup merupakan hasil pemikiran dan renungan yang relative lama, karena tidak mungkin serta merta pandangan hidup itu muncul begitu saja.
Iseng –iseng baca buku Ilmu Budaya Dasar aku menemukan uaraian mengenai pandangan hidup sebagai berukut : Pandangan hidup banyak sekali ragam dan macamnya, akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yang terdiri dari 3 macam :

1.Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenaranya.
2.Pandangan hidup berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3.Pandangan hidup hasil pemikiran dan renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.


Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekolompok orang sebagai pendukung organisasi, maka pandangan hidup itu disebut ideology. Jika organisasi itu politik, maka ideologinya disebut ideology politik. Jika organisaisi itu Negara maka ideologinya desebut ideology Negara. Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsure-unsur cita-cita,kebajikan,usaha dan keyakinan/kepercayaan.
Demikianlah penjelasan saya mengenai aku dan pandangan hidupku serta uraian mengenai pandangan hidup itu sendiri. Terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar