30 Mei 2010

Manusia dan kegelisahanya

PENYEBAB DAN TIPS MENGATASI KEGELISAHAN

Kegelisahan adalah asal kata dari gelisah, bila dilihat secara etimologi/bahasa maka gelisah bermakna suatu perasaan yang tak menentu karena ada sesuatu hal yang mengganjal dalam perasaan hatinya. Suatu perasaan gelisah bisa terjadi di saat kita mendapati suatu situasi yang tidak biasa kita rasakan. Kegelisahan juga sering terjadi kepada seseorang yang sedang merasakan kasmaran dengan orang yang disayanginnya. Ketika kita mendapati bahwa sudah lama tak berjumpa dengan seseorang yang di kasihi itu maka timbulah sebuah perasaan dimana kita akan selalu terlarut untuk selalu memikirkannya.Kegelisahan bukanlah suatu sifat atau apalah, karena dia muncul jika kita dalam tekanan yang membuat perasaan seperti tidak karuan. Kegelisahan itu sesungguhnya sangat manusiawi bila kita merasakanya.
Berikut ini adalah beberapa penyebab kegelisahan :

1.Adanya tekanan dalam diri kita
2.Tidak terkontrolnya emosi
3.Kehilangan sesuatu yang di sayangi
4.Melakukan kesalahan yang tidak pernah dilakukan
5.Kurangnya membangun social networking pada sekitarnya dll.

Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari penyebab kegelisahan yang terkadang sering melanda hidup kita yang mungkin terlalu banyak tekanan,masalah dan kekhawatiran. Kegelisahan bukanlah sesuatu yang harus di takuti karena gelisah itu bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Berikut adalah tips-tips untuk mengurangi rasa gelisah :

1.Berusahalah untuk tenang
Karena dengan ketenangan emosi kita bisa terkontrol dengan baik dan bisa berfikir jernih. Salah satu caranya adalah dengan berwudlu.

2.Bangkitkan pikiran positif
Dengan positive thinking kita akan merasa lebih nyaman dengan situsi yang sedang kita alami

3.Jalan-jalan
Salah satu cara yang sering dipakai orang untuk mengurangi kegelisahan adalah dengan jalan-jalan ke tempat yang baru. Karena dengan kita melakukan hal itu , kita dapat mengurangi perasaan gelisah itu.

4.Curhat
Curhat adalah salah satu cara agar beban yang ada dalam hati kita berkurang. Carilah teman yang anda percaya dan ceritakan semua unek-unek yang ada dalam perasaan kita dan menangislah jika memang menangis dapat mengurangi beban hati kita.

Itu sedikit tips dari saya,
terima kasih.

3 komentar:

Danil Edan mengatakan...

pertamax, bagus tipsnya

Andy (admin) mengatakan...

hahahhahahaaaa....
hanya sekedar tips biasa gan.

eh gan, kalo comment kalo bisa kasih link ke blog ente dong, biar bisa main ke blog ente saya nya...

makasih...

rinda septiani mengatakan...

ingat masih ada Alloh :)

Posting Komentar